• Sistem yang diberikan oleh Penyedia Layanan kepada Kandidat dan Perusahaan untuk digunakan tersebut memiliki fitur­fitur sebagai berikut:


    1. Mendaftarkan keanggotaan sebagai Kandidat

    2. Mencatatkan dan membuat data Resume Kandidat, yang bisa dibagikan secara masal melalui sosial media, aplikasi messenger, maupun media cetak dan elektronik lainnya.

    3. Mencari iklan lowongan kerja yang diterbitkan oleh Perusahaan.

    4. Mengirimkan lamaran pekerjaan secara langsung kepada Perusahaan yang menerbitkan lowongan.

    5. Mendaftarkan Perusahaan.

    6. Membuat Profil Perusahaan untuk ditampilkan secara publik kepada Kandidat maupun pengunjung yang mengakses sistem secara langsung maupun melalui sosial media.

    7. Memajang atau menunjukkan Profil Perusahaan melalui link yang disediakan oleh Sistem melalui sosial media, media cetak maupun messenger dan media lainnya.

    8. Menerima pemberitahuan via email dari Sistem OnoKerjo tentang perkembangan iklan lowongan yang diterbitkan, dan bagi kandidat akan memperoleh pemberitahuan tentang lamaran yang dikirimkannya.

    9. Mengirimkan dan menerima pesan antara Kandidat dan Perusahaan.

    10. Mencari resume kandidat yang dibutuhkan oleh Perusahaan.

    11. Fitur lain sebagaimana ditetapkan oleh Penyedia Layanan.


    Penyedia Layanan memiliki hak untuk menambah atau menghapus fitur dalam Sistem sewaktu­waktu. Dalam hal ini, Penyedia Layanan akan memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada Kandidat maupun Perusahaan.

  • Sesuai dengan ketentuan pada Perjanjian, Penyedia Layanan dengan ini memberikan kepada Kandidat hak yang tidak dapat dipindahkan dan hak guna non­eksklusif atas Sistem.


    Terkait hak guna yang diberikan Penyedia Layanan kepada Kandidat yang tercantum pada klausa sebelumnya, terlepas dari apakah ada atau tidak adanya kompensasi yang diterima, Kandidat tidak dapat mengalihkan, menjual, meminjam,dan melakukan hal­hal sejenis lainnya untuk pihak ketiga.


    Kandidat tidak dapat menggandakan, mengubah, menganalisis perangkat lunak yang menyusun Sistem dan menciptakan program yang mengubah data perangkat lunak.

  • Dengan menerapkan pemanfaatan Sistem, Kandidat dengan ini setuju untuk mematuhi Perjanjian dan Penyedia Layanan dapat meminta pengiriman aplikasi setelah mengisi formulir aplikasi dalam Sistem dengan nama, alamat, dan hal-hal lain yang ditentukan oleh Penyedia Layanan (dengan ini disebut “Hal Pendaftaran”).


    Pendaftaran harus dilakukan oleh Kandidat sendiri, dan terlepas dari apakah Penyedia Layanan akan menyetujui atau tidak, aplikasi yang dilakukan oleh kuasa atau wakil tidak akan disetujui. Lebih lanjut, Kandidat harus memberikan informasi yang benar dan terbaru kepada Penyedia Layanan saat melakukan pendaftaran.


    Penyedia Layanan harus menilai apakah bersedia untuk menyetujui pendaftaran dari Kandidat atau tidak berdasarkan standar kami, dan dalam hal Penyedia Layanan menyetujuinya, kami harus memberitahu Kandidat melalui email, dimana pemberitahuan tersebut menandakan persetujuan atas permohonan pemanfaatan sistem (yang kemudian disebut sebagai “Pendaftaran”), dan dengan adanya persetujuan tersebut, Perjanjian Pemanfaatan Sistem akan berlaku.


    Penyedia Layanan dapat menolak pendaftaran berdasarkan alasan-alasan di bawah ini, atau apabila ada resiko yang sama sebagaimana tercantum dibawah ini. Kami tidak diwajibkan untuk memberikan alasan penolakan kepada Kandidat. Lebih lanjut, tiap poin dari alasan­alasan di bawah ini adalah contoh alasan Penyedia Layanan yang membuat kami menolak pendaftaran, dimana penilaian mengenai persetujuan atau penolakan pendaftaran tersebut akan bergantung kepada kebijakan Penyedia Layanan semata.


    1. Tidak memenuhi standar penilaian internal Penyedia Layanan.

    2. Pelanggaran Perjanjian atau apabila adanya resiko pelanggaran, berdasarkan penilaian Penyedia Layanan.

    3. Seluruh atau sebagian dari poin pendaftaran adalah tidak benar, salah dalam pengisian atau kekurangan dalam pengisian.

    4. Merupakan pihak yang membatalkan pemanfaatan sistem atau merupakan pihak yang sebelumnya telah dibatalkan oleh Penyedia Layanan.

  • Dalam hal adanya perubahan pada poin pendaftaran, Kandidat harus dengan segera memberitahukan mengenai poin yang dirubah kepada Penyedia Layanan berdasarkan metode yang ditentukan oleh Penyedia Layanan.

  • Dalam rangka mengoperasikan Sistem, Penyedia Layanan akan memberikan serangkaian ID dan password yang dibutuhkan (selanjutnya akan disebut “ID”s) untuk Kandidat. ID akan diberikan untuk masing­masing fitur Sistem.


    ID yang diberikan oleh Penyedia Layanan kepada Kandidat hanya terbatas untuk Kandidat tersebut sendiri.


    ID diberikan oleh Penyedia Layanan dapat diubah dengan adanya pemberitahuan sebelumnya dari Kandidat.


    Kandidat dapat bertanggungjawab untuk mengatur secara ketat ID yang diberikan. Kandidat tidak dapat menyerahkan ataupun meminjamkan ID tersebut kepada pihak ketiga, atau membiarkan mereka masuk ke dalam Sistem.


    Sepanjang akses Kandidat dilakukan sesuai dengan pemanfaatan dan koneksi melalui ID yang benar yang disiapkan oleh Penyedia Layanan, maka hal tersebut akan dianggap sebagai pemanfaatan yang benar atau sah.

  • Penyedia Layanan akan mengatur dan menjaga data pribadi Kandidat dengan mematuhi dan memperlakukannya dengan tingkat kepatuhan terbaik terhadap Ketentuan Privasi yang sudah ditentukan secara terpisah oleh Penyedia Layanan, sedangkan Kandidat harus setuju dengan penanganan atas data pribadi yang dilakukan oleh Penyedia Layanan sesuai dengan Ketentuan Privasi sebagaimana disebutkan di atas.


    Terlepas dari Perjanjian Pemanfaatan Sistem yang masih berlaku atau yang periodenya sudah berakhir, Kandidat harus menyetujui bahwa data pribadinya tersebut digunakan sebagai sarana marketing yang mana Penyedia Layanan maupun pihak outsource tidak akan dapat mengidentifikasi individu tersebut.

  • dapat menggunakan Sistem secara GRATIS.


    Dalam hal Penyedia Layanan Kami memberikan fitur dengan biaya yang disesuaikan dengan fitur tersebut di kemudian hari, kami akan memberitahukan kepada Kandidat mengenai fitur tersebut dan biaya pemanfaatannya sesuai dengan Pasal 2, ayat 2.


    Perusahaan dapat menggunakan Sistem secara GRATIS.

    Dalam hal Penyedia Layanan Kami memberikan fitur dengan biaya yang disesuaikan dengan fitur tersebut di kemudian hari, kami akan memberitahukan kepada Perusahaan mengenai fitur tersebut dan biaya pemanfaatannya sesuai dengan Pasal 2, ayat 2.

  • Kandidat tidak boleh melakukan tindakan ­tindakan sebagai berikut terhadap Sistem:

    1. Menggunakan Sistem untuk tujuan selain daripada kegiatan pencarian pekerjaan, seperti mencari Perusahaan, mendaftar kepada Perusahaan dan menilai Perusahaan.

    2. Menggandakan dan menganalisis program dan lain-­lain terhadap format Sistem.

    3. Menyerahkan atau meminjamkan hak untuk menerima Sistem (baik ada maupun tanpa timbal­ balik).

    4. Membuat Sistem digunakan kembali oleh pihak ketiga.

    5. Membocorkan informasi yang diterima melalui Pemanfaatan Sistem, ke pihak ketiga. Untuk bertujuan mengukur, membandingkan, meneliti ketersediaan / penampilan / fitur / tampilan Sistem atau tujuan lain yang serupa.

    6. Melakukan pelanggaran atas hak kekayaan intelektual seperti hak cipta dan hak merek yang dimiliki oleh Penyedia Layanan atau lainnya, atau hal­-hal lain (termasuk Perusahaan), atau sesuatu yang memiliki resiko pelanggaran.

    7. Melakukan pelanggaran atas property orang lain, privasi atau hak potret atau hal lain dengan resiko pelanggaran.

    8. Mendiskriminasi atau menfitnah atau menghina pihak lain secara tidak adil, atau mendorong diskriminasi yang tidak adil kepada pihak lain, atau pula merusak reputasi dan kepercayaan (contoh: menyebarkan rumor.

    9. Mengubah menghapus secara illegal informasi yang tersimpan di dalam peralatan Penyedia Layanan.

    10. Menggunakan Sistem dengan berpura-­pura sebagai Kandidat lain (mempunyai akun ganda).

    11. Mengirimkan atau mempublikasikan program computer atau hal-­hal sejenis lain yang mengandung virus dll.

    12. Mengakibatkan masalah atau gangguan dalam pemanfaatan atau pengoperasian melalui peralatan Kandidat lain dll. atau peralatan lain untuk layanan koneksi internet, atau hal-hal lain yang memiliki resiko masalah atau gangguan.

    13. Mengetahui tiap­-tiap poin tindakan sebagaimana telah disebut di atas, akan tetapi tetap menggandakan tautan dengan tujuan atau dalam aspek untuk memicu tindakan-­tindakan tersebut.

    14. Pelanggaran hukum, ketertiban umum dan moral, atau pelanggaran atas hak­-hak orang lain semata­ mata atas penilaian Penyedia Layanan.

    Dalam hal Kandidat melanggar hal­-hal sebagaimana telah disebut dalam ketentuan di atas, Penyedia Layanan harus menutup atau menghapus informasi yang didaftarkan oleh Kandidat dan Kandidat harus berhenti untuk menggunakan Sistem.

  • Perjanjian - ­perjanjian ini atau Pemanfaatan Sistem akan tunduk pada hukum Indonesia.


    Yurisdiksi untuk segala perkara yang muncul sehubungan dengan Perjanjian atau Pemanfaatan Sistem, akan diselesaikan secara final di Singapura, sesuai dengan peraturan arbitrase di Singapore International Arbitration Center, dan akan dilakukan sebagai prosedur arbitrasi dari forum tersebut. Jumlah arbiter adalah 1 (satu) orang dan bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris.

  • Hak cipta, hak paten, hak merek dan hak kekayaan intelektual sehubungan dengan Sistem (untuk kemudian disebut “Hak Kekayaan Intelektual) yang dimiliki oleh Penyedia Layanan atau pihak ketiga yang memberikan izin kepada Penyedia Layanan untuk menggunakan hak­-hak tersebut.


    Kandidat dan Perusahaan sebagai Pengguna hanya memiliki hak untuk menggunakan Sistem sesuai dengan Perjanjian Pemanfaatan Sistem dan tidak memperoleh segala Hak Kekayaan Intelektual.

  • Kandidat dan Perusahan sebagai pengguna dengan ini menjamin bahwa tidak ada satu pun dalam hal-hal di bawah ini akan dimaksudkan dalam iklan informasinya seperti data resume atau penilaian kepada Perusahaan (untuk kemudian disebut “Informasi Pendaftaran”)

    1. Pelanggaran hukum, peraturan pemerintah, peraturan menteri dan peraturan lainnya.

    2. Pelanggaran atas hak kekayaan intelektual pihak ketiga seperti hak cipta dan hak merek.

    3. Pelanggaran atas hak pribadi atau (contoh: reputasi, kredibilitas, privasi, imej) atau hak kepemilikan pihak ketiga.

    4. Tiap-­tiap tindakan sebagaimana diatur dalam Pasal 10 Klausa 1.

    Dalam hal iklan Informasi Pendaftaran mengandung salah satu dari hal­-hal yang telah disebutkan dalam klausa sebelumnya, atau apabila terdapat resiko terjadinya atau terlaksananya hal­-hal tersebut, Penyedia Layanan harus menutup atau menghapus Informasi Pendaftaran tersebut dan Kandidat harus berhenti menggunakan Sistem.


    Dalam hal Kandidat melakukan salah satu dari hal­-hal yang disebutkan dalam Klausa 1 dan berujung kepada pertentangan dengan Penyedia Layanan Kami atau pihak ketiga, Kandidat harus bertanggungjawab sendiri untuk mengatasi dan menyelesaikan hal tersebut dan biaya­biaya yang terjadi oleh karena hal tersebut harus ditanggung oleh Kandidat dan Perusahaan sebagai pengguna, dengan tidak mengakibatkan masalah apapun dengan Penyedia Layanan Kami maupun kepada pihak ketiga.


    Terkait kualitas dan fitur konten dan segala informasi lain yang tersedia dalam Sistem, Penyedia Layanan Kami tidak akan menjamin kelengkapan, keakuratan,dan kegunaan secara teknis maupun komersil. Lebih lanjut, Penyedia Layanan tidak akan bertanggungjawab atas penghapusan ataupun hilangnya informasi Kandidat dan Perusahaan, hilangnya data atau kegagalan dan kerusakan peralatan dalam menggunakan Sistem, dan segala jenis kerusakan (termasuk, namun tidak terbatas kepada, kerusakan tidak langsung, kerusakan khusus, kerusakan sampingan, kerusakan turunan, dan kehilangan pendapatan yang diakibatkan oleh Kandidat dan Perusahaan sehubungan dengan Sistem).


    Penyedia Layanan tidak akan bertanggungjawab atas isi dan hasil dari pencarian lowongan kerja yang dilakukan oleh Kandidat melalui Sistem.


    Kandidat sendiri yang akan bertanggungjawab atas kegiatan pencarian kerjanya, sementara Penyedia Layanan tidak akan bertanggungjawab akan hal tersebut kendati terjadi masalah antara Kandidat dan Perusahaan atau pihak ketiga sehubungan dengan Pemanfaatan Sistem, kecuali untuk hal­-hal yang terjadi karena kesalahan yang disengaja atau kelalaian berat yang dilakukan oleh Penyedia Layanan.

  • Penyedia Layanan harus meng­outsource seluruh atau sebagian pekerjaan yang terkait dengan pemberian Sistem kepada pihak ketiga (termasuk kepada Penyedia Layanan afiliasi kami), atau memiliki ikatan bisnis dengan pihak ketiga yang terkait.

  • Penyedia Layanan dapat sesekali membatasi Sistem untuk perawatan rutin. Pemberitahuan sebelumnya akan diberikan terkait tanggal, waktu dan masa perawatan melalui Sistem.


    Dalam hal­-hal berikut, Penyedia Layanan akan menghentikan semua atau sebagian dari fitur Sistem tanpa adanya pemberitahuan kepada Kandidat dan Perusahaan Pengguna.


    Apabila adanya kepentingan yang sangat penting yang harus diatasi, memodifikasi Sistem dan untuk mengganti perlengkapan.

    Terjadinya situasi yang tidak dapat diduga seperti bencana alam, kekacauan, perang atau mogok.


    Saat energy listrik yang disuplai oleh Penyedia Layanan energi listriknya terputus atau apabila adanya gangguan transmisi internet dll yang diberikan oleh operator telekomunikasi; dan Keadaan diluar kemampuan yang mana Penyedia Layanan tidak dapat bertanggungjawab atasnya.

  • Dalam hal terjadinya kerugian pada Kandidat yang diakibatkan oleh gangguan Sistem dan penghentian, Penyedia Layanan tidak akan bertanggungjawab, kecuali apabila kerugian tersebut diakibatkan oleh kesalahan yang disengaja atau kelalaian berat dari Penyedia Layanan.


    Dalam hal kerugian tersebut terjadi kepada Kandidat semata-­mata dikarenakan Kandidat dan Perusahaan dengan sendirinya melanggar Perjanjian ini, Penyedia Layanan tidak akan bertanggungjawab.


    Dalam hal baik Kandidat atau Penyedia Layanan melanggar Perjanjian dan menyebabkan kerugian kepada pihak lain atau pihak ketiga, kerugian tersebut harus dikompensasi. Akan tetapi, dalam hal pihak yang berkepentingan, Penyedia Layanan afiliasi, atau direktur terkait, dewan auditor, pemegang saham, petugas, karyawan atau agen, tidak akan bertanggungjawab atau memiliki kewajiban kepada pihak lain atas segala kerugian tidak langsung, kerugian khusus, kerugian sampingan, kerugian turunan, hilangnya pendapatan, perusakan nama baik, atau kerugian lain yang diakibatkan oleh tindakan illegal, atau dikarenakan atau akibat dari pelanggaran Perjanjian atau pemenuhan perjanjian.


    Dalam hal Sistem tidak dapat digunakan dikarenakan hal-­hal yang tercantum dalam Klausa 1 atau Klausa 2 dan berujung kepada kerugian Kandidat atau Perusahaan, Penyedia Layanan tidak akan bertanggungjawab dalam bentuk apapun.


    Kandidat harus bertanggungjawab sendiri dalam menyimpan cadangan data penting, oleh karena itu dalam hal data Kandidat yang disimpan dalam Sistem hilang dan rusak, Penyedia Layanan tidak dapat bertanggungjawab, kecuali hal tersebut diakibatkan oleh kesalahan yang disengaja atau kelalaian berat yang diakibatkan oleh Penyedia Layanan.

  • Perjanjian Pemanfaatan Sistem akan tetap berlaku hingga Kandidat dan Atau Perusahaan berhenti menggunakan Sistem.


    Tahapan Saat Masa Berlaku Paket Premium atas Perjanjian Pemanfaatan Berakhir Dalam hal Perjanjian Pemanfaatan Sistem berakhir, Penyedia Layanan akan menginvalidasi atau menutup ID yang telah kami berikan kepada Kandidat, dan menghapus data yang dapat mengarahkan kepada pribadi atau Kandidat dalam informasi Kandidat yang masih tersimpan dalam server kami. Dalam hal berakhirnya masa pemanfaatan Paket Premium Berlangganan, maka Kandidat ataupun Perusahaan akan dikembalikan status hak penggunanya menjadi pengguna Gratis dengan fasilitas standar sistem yang disediakan oleh Penyedia Layanan.


    Kandidat dan Perusahaan harus bertanggungjawab untuk menjaga cadangan data penting, oleh karena itu Penyedia Layanan tidak akan bertanggungjawab atas data yang hilang yang diakibatkan oleh penghapusan data sebagaimana telah disebutkan dalam klausa di atas.

  • Dalam hal Kandidat melakukan salah satu dari hal­-hal berikut, Penyedia Layanan memiliki hak untuk dengan segera mengakhiri Perjanjian Pemanfaatan Sistem tanpa adanya pemberitahuan.


    Pelanggaran atas salah satu dari ketentuan dalam Perjanjian ini.

    Dalam hal Kandidat adalah anggota dari sebuah kelompok yang menggunakan cara­-cara kekerasan, seperti geng, mafia, teroris atau kelompok­-kelompok sejenis lainnya.


    Dalam hal cakupan yang perlu untuk menentukan pengakhiran perjanjian melalui pengadilan terkait pengakhiran Perjanjian Pemanfaatan Sistem, penerapan Pasal 1266 Kitab Undang-­Undang Hukum Perdata harus dikesampingkan.

  • Apabila terdapat keragu­raguan terkait Perjanjian atau hal-hal lain yang tidak dapat diputuskan, musyawarah akan dilakukan sesuai dengan prinsip-­prinsip itikad baik untuk mencapai penyelesaian.
  • Perjanjian ini dibuat dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dan dalam hal terdapat perbedaan antara Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, maka versi Bahasa Inggris akan diprioritaskan sesuai dengan hukum yang berlaku dan versi Bahasa Indonesia akan diubah secara otomatis dengan menyesuaikan terhadap isi dari versi Bahasa Inggris.


    Apabila terdapat ketentuan dalam Perjanjian atau penerapan dari persyaratan dari ketentuan tertentu tidak dapat tetap berlaku atau dilaksanakan, maka hal tersebut tidak akan mempengaruhi bagian lain dari Perjanjian dan masing akan tetap berlaku secara penuh dan mengikat secara hukum. Dalam hal terdapat bagian-bagian yang tidak dapat tetap berlaku, maka kedua belah pihak dengan secara ikhlas untuk mengatur kembali ketentuan-ketentuan yang tidak berlaku secara hukum atau tidak dapat dilaksanakan, dengan ketentuan yang semirip­-miripnya dan dapat berkekuatan hukum.

Ada Pertanyaan?

Silahkan Hubungi Customer Support kami, atau silahkan baca informasi tentang penggunaan fitur di OnoKerjo.com melalui halaman tanya jawab.

Cari Info Lebih Lengkap di Tanya Jawab